Setiap orang tua akan merasa bangga mempunyai anak yang cerdas. Kemampuan gifted children harus dikembangkan secara optimal, tidak hanya di domain tertentu, tetapi mencakup seluruh aspek perkembangan. Pengertian perlu diberikan kepada orang tua untuk tidak menuntut berlebihan karena akan berdampak tidak baik bagi gifted children. Sebaliknya, dukungan terhadap orang tua juga perlu diperhatikan karena masalah perilaku atau gagalnya beradaptasi dengan lingkungan pada gifted children dapat menimbulkan stres bagi orang tua.
Pilihan sekolah untuk gifted children cukup beraneka ragam. Sekolah yang ideal adalah sekolah yang menghargai kebutuhan gifted children sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya dengan maksimal. Sekolah umum dengan kurikulum standar dapat menjadi sarana edukasi gifted children. Agar mendapat hasil yang optimal, diperlukan komunikasi yang baik antara orang tua dengan guru kelas. Orang tua dapat berkomunikasi kepada guru bila tugas sekolah terlalu mudah sehingga guru dapat memberikan tugas yang lebih sulit. Alternatif lain adalah dengan lompat kelas, tetapi sebaiknya tidak dilakukan bila perkembangan emosi sosial gifted children jauh tertinggal.
Homeschooling merupakan pilihan lain sebagai sarana pendidikan gifted children. Keuntungan homeschooling adalah program/ materi edukasi yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan dan minat gifted children, sedangkan kerugian homeschooling adalah pergaulan gifted children menjadi lebih terbatas. Selain homeschooling, di negara maju sudah banyak sekolah khusus untuk gifted children. Keuntungan sekolah khusus gifted children adalah kurikulum materi lebih sulit sehingga membuat gifted children terus termotivasi dan membuat gifted children lebih mudah karena mereka merasa menemukan teman yang serupa. Organisasi NAGC sudah mengeluarkan program edukasi standar untuk gifted children yang dapat dijadikan acuan/kurikulum untuk edukator atau sekolah yang mendidik gifted children.
Selain kemampuan akademis, pemantauan berkala terhadap kemampuan bersosialisasi dan deteksi gangguan perilaku perlu dilakukan. Intervensi dini dapat mengatasi gangguan perilaku yang mungkin menyertai gifted children. Gifted children tetap harus mempertahankan hak- haknya, yaitu hak untuk tumbuh, berkembang, berpartisipasi, dan terlindungi dari tindak kekerasan.
Klik di sini untuk melihat bagian 1
Penulis : Cynthia Utami, Rini Sekartini
Ikatan Dokter Anak Indonesia
Artikel ini pernah dimuat di Kompas, kolom klasika, tanggal 19 Mei 2013